STRATEGI JITU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Ditengah kondisi Dunia yang dilanda oleh  pandemi Covid-19 termasuk di bumi pertiwi kita Indonesia sangat memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan.  Demi keselamatan dan kesehatan, saat ini sekolah terpaksa menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Pemerintah dengan sigap mengeluarkan suatu keputusan dengan Surat Edaran yang diterbitkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona virus Disease (Covid-19). Dalam surat Edaran Menteri tersebut menjelaskan akan adanya pembelajaran di rumah yang dilalukan secara daring (dalam jaringan) dengan penekanan bahwa pembelajaran daring dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik tanpa terbebani menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.

Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh.Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang dilaksanakan terpisah antar siswa dan guru dan menggunakan berbagai sumber teknologi, informasi dan media lainnya.  Banyak hal yang menjadi tantangan bagi siswa, guru, dan orang tua. Dimana siswa harus dituntut untuk belajar mandiri di rumah walau interaksi yang minim dengan gurunya. Guru di sekolah juga  berusaha keras untuk beraktivitas dan berkreativitas agar pembelajaran siswa di rumah bisa lebih efektif, beradaptasi dengan teknologi yang selama ini diabaikan, dan memutar otak untuk membangun suasana keterikatan dengan siswa secara maksimal.Dipihak lain, orang tua juga harus melibatkan diri secara ekstra dengan mempelajari pendidikan digital, tentunya juga menyediakan jaringan internet sebagai modal utama dalam pembelajaran agar terlaksana proses interaksi dan komunikasi yang baik dengan guru.

Guru adalah ujung tombak dalam pendidikan. Untuk melaksanakan PJJ dimasa New Normal ini, guru harus mampu memanage pembelajaran,menganalisis data tentang kebutuhan dan strategi yang tepat dalam pembelajaran jarak jauh. Pendidikan saat ini  merupakan bagian dari perkembangan teknologi, maka guru harus memfasilitasi proses belajar dan mendidik anak  dengan cara yang kreatif dan berbeda.  Salah satu strategi yang paling jitu dalam pembelajaran jarak jauh adalah dengan menggunakan  video pembelajaran yang menarik

Ada banyak Kriteria video pembelajaran yang baik untuk pembelajaran jarak jauh ini diantaranya adalah video pembelajaran harus informatif, menarik, menyenangkan bagi anak-anak, tentunya dengan durasi yang tidak terlalu panjang namun mencakup informasi yang akan disampaikan kepada anak artinya mengutamakan kejelasan dan penguasaan materi sehingga pembelajaran di rumah tidak membosankan namun mencapai sasaran yang diinginkan guru . Cara membuat video itu sendiri sangat mudah, dimana guru bisa  mengunduh aplikasi editing video gratis di internet. Beberapa aplikasi editing video yang  mudah yaitu kinemaster, videocribe, filmora, activepresenter, inshot, rekam layar, Adobe Premiere pro, window movie maker, dan lain-lain.

Setelah aplikasi tersebut diunduh,maka guru dapat membuat materi pembelajaran dalam bentuk silde PPT,shoting pembelajaran di sekolah, membuat media-media yang menarik, serta gambar-gambar animasi lalu diinput kedalam aplikasi tersebut dan dilakukan proses editing. Sehingga video yang dihasilkan berkualitas baik dan dapat menyampaikan pembelajaran kepada siswa-siswa di rumah. Materi pembelajaran yang disampaikan melalui video diharapkan mampu membuat anak-anak tetap semangat untuk belajar dari rumah, anak-anak terus berkreatifitas dan berinovasi dengan bimbingan guru. Siswa mampu menyelesaikan semua tugas dan materi yang mereka dapatkan, sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan sangat efektif.

Alat-alat yang perlu disiapkan untuk membuat video diantaranya kamera.Kamera menjadi hal yang utama dalam pembuatan video.Minimal guru bisa menggunakan kamera yang ada pada android masing-masing, selain itu android juga dapat digunakan untuk mengolah video pembelajaran dengan mudah. Kemudian tripot atau alat penyangga kamera. Tripot ini berfungsi mengurangi kelelahan guru dalam memegang kamera. Selanjutnya alat yang dibutuhkan adalah microphone. Microphone ini berguna unuk memfokuskan suara ketika mengambil video. Kemudian PC atau laptop. Sama hal nya dengan kamera, laptop menjadi hal penting karena disinilah tempat untuk mengolah video yang dibuat, walaupun sebenarnya dengan android juga bisa mengolah video, namun dengan menggunakan laptop proses editing lebih mudah.   

Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan adalah usaha sadar unuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensinya. Dengan video pembelajaran yang dibuat oleh guru  sebagai salah satu strategi, agar pembelajaran menarik bagi siswa. Berdasarkan paparan diatas, sebenarnya banyak cara yang dapat digunakan  untuk membuat pembelajarn yang menarik.Hal itu tentu akan menjadi strategi yang jitu untuk menciptakan pembelajaran jarak jauh  yang menyenangkan dan bermakna. Untuk itu marilah kita para guru berusaha untuk terus mengasah kreatifitas kita,menciptakan video pembelajaran yang unik dan menarik untuk anak-anak didik kita.

0 comments:

Post a Comment